Tuesday, December 13, 2016

Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom
Nasi tutug oncom sangat familiar bagi sebagian kalangan masyarakat di Jawa Barat, selain rasanya yang unik, nasi tutug oncom juga disajikan dengan berbagai lauk tradisional, sperti ikan asin, sambal, lalapan, tempe mendoan, tahu dan sebagainya, meskipun sangat sederhana, nasi tutug oncom kini sudah mulai berkembang, tidak hanya dijual di pinggiran jalan saja, namun sudah bermetamorfosis hadir di restoran-restoran modern tidak kalahnya dengan makanan-makanan yang lainnya. 

Pembuatan nasi tutug oncom sangatlah mudah, karena bahan-bahannya pun sangat mudah kita dapatkan, seperti kencur, cabe dan rempah-rempah khas lainnya. Resep masakan enak kali ini kita akan membuat nasi tutug oncom, berikut cara membuatnya:

Bahan-bahan:

1 piring kecil nasi putih hangat
100 gr oncom Bandung
2 batang daun kemangi
2 sdm minyak
2 batang daun kemangi
2 lembar daun jeruk
Bumbu yang dihaluskan:
5 buah cabe rawit (sesuai selera)
2 siung bawang merah
1 siung bawang putih
2 cm kencur
1 sdm gula merah
1sdt garam
1 sachet Royco rasa ayam

Cara membuat:

Bahan-bahan bumbu yang di haluskan di ulek bersama oncom menggunakan ulekan yang agak besar.
Panaskan minyak, kemudian goreng bahan yang sudah di ulek tadi, tambahkan daun kemangi dan daun jeruk, masak sampai bumbu agak kering. Angkat dan sisihkan.
Bumbu yang sudah di masak tadi masukan kedalam bakul atau wadah kecil, kemudian campurkan dengan bumbu yang sudah di masak, aduh hingga tercampur merata.
Setelah itu, sajikan diatas piring saji dan dicetak menggunakan mangkok kecil, untuk pelengkapnya tambahkan ikan asin, tempe mendoan, sambal, mentimun dan kerupuk.
Nasi tutug oncom siap disajikan. Agar lebih nikmat sajikan selagi hangat.

Itulah salah satu resep masakan enak nasi tutug oncom khas Jawa Barat yang enak dan rasanya bikin ketagihan. Aroma wangi kencur dan dicampur dengan oncob beserta rempah-rempah lainnya membuat nasi oncom menjadi makanan yang khas dan banyak digemari oleh orang. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment